Sutawan Merancang sendiri robot penggerak tangan dengan teknologi EEG

Belajarrobot: Seperti yang diberitakan di beberapa media, I Wayan Sumardana alias Sutawan Merancang sendiri robot penggerak tangan dengan teknologi EEG Electroenchephalogram yang di buat nya kebanyakan dari barang-barang bekas, dengan kemampuannya hingga sutawan mencoba membuat sebuah robot lengan yang di kendalikan dengan gelombang otak. Robot tersebut dibuat oleh sutawan untuk dirinya sendiri dan memasangnya pada lengan kirinya yang lumpuh sehingga sutawan dapat bekerja menggunakan tangan kirinya yang lumpuh tersebut dengan bantuan robot yang di buatnya.

Robot Lengan dengan teknologi EEG Electroenchephalogram

Luarbiasa sekali, seorang yang dapat memberikan inspirasi, betapa sutawan yang memiliki kekurangan karena cacat namun sangat semangat sekali bahkan bisa membuat karya yang keren.

BaliPos.com melansirkan Rabu 13/1/2016: di bengkel kerjanya sutawan kini di Banjar Tauman tepi jalan Candidasa - Tenganan Pageringsingan, sutawan nampak sedang sibuk bekerja di bengkelnya. Kesehariannya, dari sutawan bekerja adalah sebagai tukang las. Dia pandai mengelas berbagai besi dari beberapa barang rongsokan untuk dijadikan berbagai perabot rumah tangga pesanan orang.
Sutawan dibantu oleh istrinya Ni Nengah Sudartini dan tiga anak laki-laki nya yang masih kecil. Karena kondisinya yang sakit, dia mencoba merancang sendiri robot untuk dapat menggerakkan tangan kirinya.


Sutawan adalah seorang tamatan STM Rekayasa di Denpasar. Robot tersebut sebagian besar dibuat dan dirancangnya dari barang bekas, rongsokan, bagian dalam shock sepeda motor, ada juga dari beberapa perangkat elektronik komputer bekas untuk bahan robot tangan yang dirancangnya.

Berbekal ilmu pengetahuan elektronik, Sutawan mencari berbagai informasi di beberapa situs internet untuk dapat merancang alat atau sejenis robot yang dapat membantu menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh.

Berbagai desain rancangan sempat dibuat nya, hingga kelima kalinya dan terakhir sutawan kini merancang robot jenis EEG.

Sutawan adalah salah seorang yang mampu menginspirasi teman-teman Belajarrobot untuk terus berkarya, bahkan dari barang bekas pun dapat di rancang sebuah robot lengan yang luar biasa dan dapat di kendalikan dengan pikiran.

Berikut ini adalah video dari tayangan kompas tv tentang Sutawan


Berawal dari tangan kiri lumpuh, I Wayan Sutawan asal Karangasem, Bali, merancang sendiri robot penggerak tangan. Tangan robotnya ini mampu membantu pekerjaannya sebagai tukang las.
Posted by Kompas TV on Tuesday, 19 January 2016
Kamu SUKA Artikel ini?
Sutawan Merancang sendiri robot penggerak tangan dengan teknologi EEG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya