Spesifikasi dan Pengertian mikrokontroler arduino uno

Belajarrobot: Spesifikasi dan Pengertian mikrokontroler arduino uno - Arduino merupakan sebuah modul elektronika mikrokontroller yang kini banyak digunakan dalam pembelajaran robotika karena simpel dan mudah dalam penggunaan nya, dan juga didukung dengan pemrograman yang juga opensource jadi kamu dapat mengembangkan program-program yang sudah ada untuk menjadi lebih baik lagi, dengan adanya opensource tersebut kamu juga tidak akan kesulitan untuk memprogram peralatan seperti sensor menggunakan platform arduiono karena sudah banyak tersedia library yang dapat kita gunakan.

papan arduino uno

Pengertian arduino

Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama, yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel. Mikrokontroler itu sendiri adalah chip atau IC (integrated circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Tujuan menanamkan program pada mikrokontroler adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan. jadi mikrokontroler bertugas sebagai ‘otak’ yang mengendalikan input, proses dan output sebuah rangkaian elektronik.

Secara umum, Arduino terdiri dari dua bagian, yaitu:

  • Hardware papan PCB input/output (I/ O) yang open source.
  • Software Arduino Yang juga open source, meliputi software Arduino IDE untuk menulis program dan driver untuk koneksi dengan komputer.

Pengertian mikrokontroler arduino uno

Arduino Uno adalah papan mikrokontroler berbasis ATmega328 yang memiliki 14 pin digital input/output (di mana 6 pin dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, clock speed 16 MHZ, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tornbol reset. Board ini menggunakan daya yang terhubung ke komputer dengan kabel USB atau daya eksternal dengan adaptor AC-DC atau baterai.
Arduino Uno adalah pilihan yang baik untuk pertama kali atau bagi pemula yang ingin mengenal Arduino. Di samping sifatnya yang reliabel juga harganya murah.

Spesifikasi Board Arduino Uno:
Tegangan Operasi  5V
Tegangan Input  (disarankan) 7—12V
Batas Tegangan Input  6—2OV
Pin Digital I/O  14 (di mana 6 pin output PWM)
Pin Analog Input 6
Arus DC per I/O Pin  40 mA
Arus DC untuk pin  3.3V 50 mA
Flash Memory  32 KB (ATmega328) , di mana 0,5 KB digunakan olehbootloader
SRAM 2 KB (Atmega328)
EEPROM 1 KB (Atmega328)
Clock 16 MHz

Arduino uno merupakan papan board yang banyak digunakan untuk belajar pemrograman microcontroller di kalngan pelajar ataupun para hobi robotika, selain harganya terjangkau arduino jenis inipun juga sangat mudah kita jumpai di pasaran dan juga banyak librari program yang mendukung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman dan baca juga bagaimana cara Memprogram arduino bluetooth hc 05 Android
Kamu SUKA Artikel ini?
Spesifikasi dan Pengertian mikrokontroler arduino uno Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mrpujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya